System Operasi Yang Rentan Terkena Serangan Penjahat Cyber

System Operasi Yang Rentan Serangan Cyber – Sekarang ini mungkin android sudah menjadi raja dari mobile operating system. Banyak sekali vendor smartphone yang mengusung platform dengan logo robot berwarna hijau. Dengan adanya vendor – vendor tersebut membuat android semakin mendominasi pasar smartphone di penjuru negeri.

Menurut beberapa informasi, system operasi android dikenal sebagai system operasi yang paling rentan terkena serangan hacker. Selain system operasi android, masih ada juga beberapa system – system operasi lain yang juga ada yang diberitakan memiliki kerentanan dari serangan penjahat cyber atau yang biasa kita sebut hacker.

System Operasi Yang Rentan Serangan Cyber

Inilah system operasi yang rentan terhadap serangan penjahat cyber atau hacker:

1. Android. Sistem android memiliki celah yang cukup banyak. Menurut bebrapa laporan yang ada pada tahun 2016, kurang lebih ada 523 celah keamaan yang ada pada system operasi berlogo robot berwana hijau ini. Celah keamanan yang bisa dibilang sangat banyak itu tentu saja dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber atau hacker untuk melakukan tindakan – tindakan yang merugikan bagi para pengguna android.

2. Linux debian. System operasi desktop berbasis linux den=bian ternyata juga termasuk system operasi yang rentan terkena serangan penjahat cyber atau hacker. Linux debian merupakan salah satu distrp linux yang cukup popular dan dikenal di kalangan para penggiat computer. Dikabarkan system operasi yang memiliki logo binatang penguin ini juga memiliki celah keamanan yang terbilang tidak sedikit. Linux debian tercatat memiliki 319 celah keamanan yang dapat di eksploitasi oleh penjahat cyber atau hacker.

3. Linux ubuntu. Di antara sekian banyak distro linux yang ada, distro linux ubuntu ini dikenal sebagai distro linux yang paling popular dan paling banyak digunakan oleh pengguna computer. Di balik popularitas dari distro linux ubuntu, distro linux ubuntu juga memiliki sisi yang buruk. Salah satu sisi buruk dari distro linux ubuntu karena banyaknya jumlah serangan yang menyerang system operasi linux ubuntu tersebut. Menurut informasi, distro linux ubuntu memiliki celah keamanan hingga mencapai 278 celah yang tentunya akan sangat berbahaya. Disarankan untuk penggunan distro linux ubuntu agar berhati – hati karena penjahat cyber bisa memanfaatkan celah keamanan tersebut untuk mencuri data atau pun melakukan hal – hal lain yang merugikan pengguna.

Itulah beberapa system operasi yang perlu di waspadai dari serangan penjahat – penjahat cyber yang memanfaatkannya untuk hal – hal yang bisa merugikan pengguna. Sekian dari saya, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *